Gaya Hidup Berkelanjutan : Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila



28 Agustus 2023 13:24:38   null x


Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diselenggarakan SMK N 7 Kendal Tahun 2023, diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan kelas XI semua jurusan.

Projek dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan mengambil 3 topik, yaitu :
1. Bumiku Hijau
2. Mengolah Sampah Menjadi Indah
3. Pandawa Group Wanna Be

Dalam tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" ini guru P5 SMK N 7 KENDAL mengajak siswa-siswi untuk memahami pentingnya hidup berkelanjutan dan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dengan kelestarian lingkungan.

Kegiatan yang dilakukan dalam tema Gaya Hidup Berkelanjutan pada P5 meliputi penyuluhan tentang pentingnya hidup berkelanjutan, Membuat poster mengenai isu lingkungan, pembuatan produk daur ulang, Pembuatan Kebun Hidroponik, Melakukan Kegiatan Volunteer dengan topik "Pandawa Group Wanna Be". Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian siswa dan berkreasi secara kreatif. Dimulai dengan tahap pengenalan, kontekstual, aksi dan diakhiri dengan pameran karya siswa.


Adapun karya siswa berupa poster, kreasi karya seni dari barang-barang bekas, membuat gaun dari plastik tidak terpakai, Membuat Kebun Hidroponik, dll. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada siswa-siswi untuk memahami dan menerapkan kebiasaan hidup sehat dan berkelanjutan. 

Dengan meningkatnya kesadaran dan tindakan nyata dari siswa dan siswi, diharapkan lingkungan sekolah dan sekitarnya dapat terjaga dengan baik.

Populer