Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kebekerjaan, Siswa SMK N 7 Kendal Mendapatkan Insiprasi UMKM Sukses



20 Maret 2023 08:43:03   null x


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

Tema : KEBEKERJAAN

Salah satu tema wajib yang ada pada P5 yaitu Kebekerjaan, projek pada tema kebekerjaan dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan potensi peserta didik agar memahami ruang lingkup dan karakteristik pekerjaan sesuai dengan program keahliannya, projek ini meliputi (1) Kenali Diri/Impian; (2) Bekali Diri/Penguatan Kompetensi; (3) Eksplorasi Potensi Lokal; (4) Kemampuan Komunikasi Efektif; (5) Kolaborasi dalam dunia kerja; (6) Kreativitas dan Proaktif; (7)Aktualisasi Diri; (8) Penerapan Komunikasi dalam Wawancara; (9) Personal Branding (Munuju Dunia Kerja); (10) Rencana Tindak Lanjut (RTL dan Change Project).

Tujuan tema Keberkerjaan, tujuan umum adalah agar peserta didik mampu memahami ruang lingkup dan karakteristik dunia kerja sesuai dengan program keahliannya.

Relevansi kegiatan pembelajaran utamanya menerapkan Project BasedLearning dengan melibatkan peserta didik dalam kerja dan dalammelaksanakan projek sosial. 

Jum'at (06/04/2023) Peserta didik kelas X melaksanakan kegiatan P5 dengan tema : KEBEKERJAAN. Pada hari pertama peserta didik melakukan aktivitas 1 "Menggali Impian dan Potensi Diri" dan Aktivitas 2 "Inspirasi UMKM sukses". dengan membuat river of life serta menganalisis ide atau gagasan seorang wirausahawan.

Hari Kedua, peserta didik melakukan Aktifitas 3 "Identifikasi Potensi dan Tantangan Lokal" serta Aktifitas 4 yakni "Diskusi" dengan dipandu oleh bapak/ ibu guru pendamping.

Di hari berikutnya, peserta didik merancang kegiatan "Berkunjung ke UMKM". Pada saat melakukan kunjungan Peserta didik akan melakukan observasi tempat usaha dan wawancara pelaku usaha.Peserta didik menulis hasil kunjungan ke UMKM pada lembar kerja, serta melakukan asesmen formatif dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan refleksi.

Peserta didik secara berkelompok akan membuat Perencanaan Usaha dan membuat Corporate Branding, serta mempresentasikan draft rencana usaha dan draft corporate branding yg telah dibuat.

Pada aktifitas 11, peserta didik secara berkelompok menentukan model membagikan pengetahuan dan produk yg dilakukan selama melaksanakan P5 kepada khalayak luas. Baik media berbagi dapat berupa video (youtube, instagram, facebook, tiktok), podcast, website, dan bentuk lain sesuai dengan preferensi dan minat peserta didik.

Akhir kegiatan P5 pada hari Rabu (18/04/2023). Peserta didik beserta guru pendamping melaksanakan refleksi atas semua aktivitas yang telah dilaksanakan.

Populer