SMK N 7 Kendal Gelar Kegiatan Safety Riding dan Service Kunjung



22 Februari 2023 13:30:09   null x


Rabu (21/02/2022), SMK NEGERI 7 KENDAL bersama AHASS CENDANA MOTOR melaksanakan kegiatan Service Kunjung dan Pelatihan Safety Riding, kegiatan tersebut diikuti oleh siswa kelas X Teknik Otomotif SMK N 7 KENDAL.

Mengendarai motor dalam kondisi aman dan nyaman adalah kebutuhan pokok bagi setiap pengendara sepeda motor maka untuk menekan tingkat angka kecelakaan kendaraan bermotor diperlukan edukasi dini tentang keamanan berkendaraan dengan sasaran pelajar.

Safety Riding dimaksudkan para pengendara motor harus berperilaku ideal, yaitu memiliki tingat keamanan yang cukup bagi pengendara dan orang lain.Pelatihan Safety Riding ini, ada dua bentuk yaitu teori di ruang kelas dan praktek dilaksanakan di halaman sekolah. Dalam teori disampaikan tentang undang-undang berlalu lintas, kemudian dilanjutkan dengan praktek mengendarai sepeda motor yang sebelumnya diberi contoh ole instruktur. Setiap siswa diminta mempraktekkan beberapa poin diantaranya slalom, yaitu melatih berkemampuan menjaga keseimbangan irama tubuh ketika sedang melewati jalan tikungan. Jalan titian, pengendara motor berperilaku menjaga keseimbangan tubuhh, tetapi lebih fokus karena yang dilalui jalan sempit, sedangkan pelatihan pengereman dilakukan secara ideal, artinya komposisi mengerem adalah 60 % rem depan, dan 40% rem belakang.

Pada pelatihan safety riding ini siswa diajarkan bagaimana cara berkendara yang aman dan nyaman bagi pengguna sepeda motor, siswa terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

Kegiatan service kunjung juga sangat dinanti oleh masyarakat di wilayah sekitar plantungan dan warga sekolah, dimana lokasi service kunjung berada di SMK N 7 KENDAL memudahkan bagi pengguna sepeda motor karena tidak perlu antri di bengkel.
 
Diakhir kegiatan, Cendana Sukorejo melakukan sesi pembagian hadiah bagi siswa-siswi SMK N 7 Kendal.

Populer