Abdul Rozak, S.Pd., Guru SMK Negeri 7 Kendal Menerima Penghargaan Guru SMK Inspiratif Tingkat Nasional Tahun 2021



09 Desember 2021 19:56:16   null x


Pada tanggal 22 s.d 26 November 2021, Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus menyelenggarakan Apresiasi Guru dan Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2021 yang bertempat di Hotel Millenium Jakarta. Terdapat 140 finalis Guru dan Kepala Sekolah Inspiratif yang terdiri dari 7 kategori, yaitu Guru SMA, Guru SMK, Guru SLB, Guru SPPI, Kepala Sekolah SMA, Kepala Sekolah SMK, dan Kepala Sekolah SLB.

Pada tanggal 22 s.d 23 November 2021 dilakukan presentasi dan wawancara terhadap seluruh finalis, dan pada tanggal 24 November 2021, di Ballroom Hotel Millenium, diselenggarakan Malam Penganugerahan Guru dan Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2021. Didapatkan hasil 5 terbaik dari masing-masing kategori. Untuk kategori guru SMK, terdapat perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII yang mendapat penghargaan Peserta Terbaik Guru SMK Inspiratif Tahun 2021, yaitu Abdul Rozak, S.Pd dari SMK Negeri 7 Kendal.

Karya yang dibuat oleh Pak Rozak adalah Strategi pembelajaran HATI (Healthy, Active, Technology, Integrity), dimana strategi ini dapat menjawab tantangan permasalahan learning loss selama pembelajaran tatap muka terbatas. Dengan pembelajaran blended learning yang memadukan pembelajaran daring dengan tatap muka, strategi pembelajaran HATI akan mampu mengeluarkan segala potensi yang dimiliki pendidik sebagai bentuk integritas sebagai seorang pendidik, untuk menghadirkan pembelajaran yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi, sehingga peserta didik dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Dampak dari strategi pembelajaran HATI adalah pembelajaran berlangsung sehat, terjadi peningkatan kompetensi peserta didik, dan peserta didik menjadi bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Populer