ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan memaparkan 4M Sebagai Langkah Jitu Menulis Puisi Berbantuan Narator. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas. Menulis puisi selama ini dianggap sulit apalagi bagi pemula. Materi ajar puisi, merupakan materi yang kurang menarik. Sehingga Peneliti harus berupaya memaksimalkan kemampuannya untuk meningkatkan hasil tulisan peserta. Peneliti menggunakan dua siklus dengan dua teknik yang berberda. Siklus I digunakan Teknik pengajaran menulis dengan metode ceramah. Siklus II peneliti menggunakan 4M Sebagai Langkah Jitu Menulis Puisi Berbantuan Narator. Pada siklus II menghasilakan peningkatan ketrampilan menulis puisi.
Kata kunci : 4M, narator, menulis puisi.
ABSTRACT
This study aims to describe 4M as a Correct Step in Writing Poetry Assisted by a Narrator. The research method used is classroom action research. Writing poetry has been considered difficult especially for beginners. Poetry teaching material is less interesting material. So the researcher must try to maximize his ability to improve the writing results of the participants. The researcher used two cycles with two different techniques. Cycle I used the technique of teaching writing with the lecture method. In the second cycle, the researcher used 4M as the Right Step in Writing Poetry Assisted by a Narrator. In the second cycle resulted in an increase in poetry writing skills.
Key words : 4M, narrator, writing poetry.
Artikel Ilmiah dapat diunduh melalui link di bawah ini :
https://drive.google.com/file/d/11gmwBdPfIX2gJNWS8INm52s1uo7C12cD/view?usp=drivesdk