Program Pembelajaran Tematik



20 Februari 2021 07:55:58   null x


Munculnya pandemi Covid-19 hampir setahun terakhir di dunia yang juga telah menyebar ke Indonesia, secara langsung berdampak pada keberlangsungan pembelajaran di sekolah, yang mengharuskan sekolah untuk mengubah sistem pembelajaran yang semula tatap muka menjadi pembelajaran online/daring.

Seiring berjalannya waktu dan pandemi belum kunjung usai, siswa mulai merasakan bosan dan berkurangnya motivasi melaksanakan proses pembelajaran dikarenakan beberapa sebab, diantaranya banyaknya jumlah mata pelajaran yang harus diikuti yang mana tugas yang diterima juga sama banyaknya. yang terjadi adalah siswa melayani guru bukan guru yang melayani siswa.

Workshop Pembelajaran Tematik guru SMK Negeri 7 Kendal, 3 Februari 2021

Menanggapi hal tersebut, SMK Negeri 7 Kendal berupaya untuk menerapkan program pembelajaran yang tidak terlalu membebani siswa, namun materi yang diberikan tetap utuh, sehingga diharapkan siswa kembali termotivasi melaksanakan proses pembelajaran, dan Program Pembelajaran Tematik adalah solusi yang perlu diterapkan dalam situasi seperti ini.

Pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari beberapa mata pelajaran atau beberapa disiplin ilmu yang tergabung dalam satu tema tertentu dengan proses pembelajaran yang bermakna, sesuai perkembangan peserta didik.

Program pembelajaran ini mulai diterapkan pada 22 februari 2021 dan menggunakan sistem blok, yaitu satu tema yang terdiri dari gabungan beberapa mata pelajaran diajarkan dalam waktu 1 minggu yang pada akhirnya tugas yang diberikan kepada siswa yaitu satu proyek yang sudah mencakup beberapa mata pelajaran.

Dengan begitu diharapkan siswa tidak lagi merasa dibombardir oleh banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan

Populer